INTERNASIONAL

[internasional][bleft]

NASIONAL

[nasional][bleft]

ACEH

[aceh][bleft]

TEKNOLOGI

[teknologi][threecolumns]

EKONOMI

[ekonomi][bleft]

SPORT

[sport][threecolumns]

Wow! Tato Ini Bisa Kontrol Smartphone

Wow! Tato Ini Bisa Kontrol Smartphone
KantoMaya News, Jakarta - Ingat kisah di film Harry Potter ketika Voldemort menggunakan Dark Mark untuk memanggil para pengikutnya? Nah, tak lama lagi kita bisa melakukan hal yang sama.

Lewat tato kita dimungkinkan untuk mengontrol ponsel dari jarak jauh. Selain itu tato digital tersebut bisa dijadikan touchpad dan dapat pula berbagi data melalui NFC.

Adalah para peneliti di Media Lab Massachusetts Institute of Technology (MIT) dan peneliti dari Microsoft Research yang menciptakan tato interkatif tersebut. Mereka memberi temuannya itu dengan nama DuoSkin.

Dalam laman resmi Media Lab MIT dijelaskan secara detail mengenai teknologi DuoSkin Disebutkan DuoSkin dibuat dari sirkuit software grafis yang kemudian ditutup dengan lapisan emas.

Lapisan ini diklaim tahan lama dan aman bagi permukaan kulit. Selain itu harganya cukup terjangkau, demikian dilansir dari Techcrunch, Senin (15/8/2016).

Wow! Tato Ini Bisa Kontrol Smartphone
Cara penggunaannya pun cukup sederhana. Layaknya tato temporer, cukup tempelkan ke permukaan kulit saja. Bila tidak digunakan lagi dapat dihapus seketika oleh pengguna.

Rencananya DuoSkin ini akan didemontrasikan di simposium wearable yang berlangsung September mendatang.

Bukan Pertama

Kehadiran tato pintar ini cukuplah menarik. Tapi apa yang dilakukan peneliti Media Lab MIT dan Microsoft Research bukalah yang pertama.

Pada 2010, masiswa Carnegie Mellon bekerja sama dengan peneliti Microsoft mengembangkan teknologi seperti DuoSkin. Diberi nama Skinput, teknologi ini mampu mengubah pergelangan atau telapak tangan menjadi layaknya layar sentuh.

Namun teknologi ini cukup mahal. Selain itu diperlukan perangkat yang bisa memproyeksikan interface ke permukaan kulit.

Tim peneliti di Universitas California, San Diego, Amerika juga mengembangkan tato temporari yang berfungsi sebagai alat pengukur alkohol pada kulit. Sehingga dalam waktu singkat dapat mengetahui tingkat mabuk seseorang.

Akhit tahun lalu, pengembang mobile Chaotic Moon meluncurkan proyek Tek Tats. Mereka membuat cat yang mengandung sensor untuk mengukur kebugaran tubuh seseorang.

Detik.com
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :


Loading...