INTERNASIONAL

[internasional][bleft]

NASIONAL

[nasional][bleft]

ACEH

[aceh][bleft]

TEKNOLOGI

[teknologi][threecolumns]

EKONOMI

[ekonomi][bleft]

SPORT

[sport][threecolumns]

Kota Vukovar di Kroasia Kini Resmi Jadi Saudara Kembar Banda Aceh

Kota Vukovar di Kroasia Kini Resmi Jadi Saudara Kembar Banda Aceh

*Salah satu persamaan kedua kota ini pernah dilanda perang di masa lalu, saat ini sedang terus bangkit untuk maju,


KantoMaya News, BANDA ACEH - Kota pelabuhan sungai terpenting di Kroasia, Vukovar, dinobatkan sebagai sister city atau kota kembarnya Kota Banda Aceh, serta akan dilanjutkan dengan sejumlah kerja sama.Hal itu akan ditindaklanjuti setelah Wali Kota Banda Aceh, Illiza Sa'aduddin Djamal meneken nota kerjasama dengan Wali Kota Vukovar, Ivan Penava, Senin (26/10/2015) di Kota Vukovar, Kroasia.

Illiza dalam rilisnya, Selasa (27/10/2015) mengatakan, ia bersama Wali Kota Vukovar sudah meneken Letter of Intent (LoI) serta sepakat menjalin kerjasama dalam sejumlah bidang meliputi bidang ekonomi, perdagangan, budaya, pendidikan, pariwisata dan olahraga.

Penandatangan kerjasama itu disaksikan Duta Besar RI untuk Republik Kroasia, Agus Sardjana.

Selanjutnya kedua Wali Kota itu akan melanjutkan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU), guna membahas kerja sama secara konkret dan mendalam.

Usai penandatanganan kerjasama, Illiza bersama rombongan mengunjungi pabrik obat-suplemen makanan di Vukovar yakni Yasenka. Pemiliknya Radwan Joukhadar, yang merupakan seorang muslim mengungkapkan minatnya untuk berinvestasi di Banda Aceh.

"Salah satu persamaan kedua kota ini pernah dilanda perang di masa lalu, saat ini sedang terus bangkit untuk maju," ujar Illiza.

Vukovar merupakan kota dengan suhu -13 derajat celcius, dapat ditempuh 3,5 jam perjalanan darat dari Kota Zagreb, Ibukota Negara Kroasia.

Kota ini pernah dilanda perang hebat pada kurun waktu 1990-an. Pasca perang kota ini terus berbenah diri untuk menyembuhkan luka dan trauma dari masyarakatnya. Serta mengembalikan citra buruk serta keraguan terhadap keamanan yang berpengaruh pada investor dan ekonomi.

Saat ini Vukovar tumbuh menjadi kota pelabuhan sungai terpenting di Negara pecahan Yugoslavia itu.

"Selama kita mau berubah dan belajar dari pengalaman masa lalu, saya yakin kita dapat menciptakan kota yang lebih baik, serta tangguh bagi komunitas kita di masa depan, inilah yang salah satu yang ingin kita ambil dalam kerjasama ini," ujar Illiza.

Ke depan, menurut Illiza, Wali Kota Vukovar akan mengunjungi Banda Aceh dengan memboyong serta pengusaha kota tersebut, agar dapat melihat peluang dan menjajaki investasi di Banda Aceh.


Editor : Jamiluddin Iskandar
Sumber : aceh.tribunnews.com
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :


Loading...