INTERNASIONAL

[internasional][bleft]

NASIONAL

[nasional][bleft]

ACEH

[aceh][bleft]

TEKNOLOGI

[teknologi][threecolumns]

EKONOMI

[ekonomi][bleft]

SPORT

[sport][threecolumns]

Ini 5 Cara Sehat Mencegah Gigi Anda Kuning

 Ini 5 Cara Sehat Mencegah Gigi Anda Kuning
Memiliki gigi yang sehat menjadi kunci dalam memancarkan senyum yang memikat. Sayangnya, semakin bertambahnya usia, semakin banyak pula hal yang membuat gigi tampak kusam. Mulai dari lapisan enamel gigi yang rusak, dentin yang terbuka, dan lapisan gigi yang menjadi kurang padat, sehingga dengan mudah menyerap warna makanan. Bila dibiarkan, hal tersebut bisa membuat gigi berwarna kuning gelap, bahkan memiliki bercak noda kecokelatan.

Beberapa makanan yang bisa menjadi penyebab kusamnya warna gigi ialah kopi, teh, minuman bersoda, merokok, minuman asam, obat-obatan tertentu, serta segala jenis makanan dengan warna yang kuat. Kurangnya perawatan tentu bisa membuat gigi dengan mudah ternoda, terlebih saat memasuki usia kepala tiga.

Berita bagusnya, selain meminta bantuan dokter gigi untuk menghilangkan warna kuning gelap pada gigi, ada beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan sendiri. Mudah dan murah. Ini dia:

Buat sendiri pemutih gigi

Campurkan satu sendok teh baking soda dengan sedikit air, lalu sikatkan pada gigi. Cara sederhana ini bisa memutihkan gigi 2 tingkat lebih cerah bila dilakukan secara rutin 2 kali dalam sebulan. “Bakingsoda memiliki kemampuan untuk membersihkan noda, namun tidak merusak gigi,” ungkap Jennifer Jablow, cosmetic and general dentist di Nee York.

Sediakan “whitening food”


Beberapa jenis makanan terkenal bisa membersihkan gigi secara alami dan mampu menjaga gigi untuk memiliki warna gading cerah yang sempurna. Bila sedang menikmati secangkir kopi, teh, wine, maupun makanan dengan warna tajam seperti soto kuah kuning, Anda bisa mengunyah apel dan wortel segar setelahnya. Mengunyah kedua makanan tersebut memiliki efek yang serupa dengan menyikat gigi.

Terlebih untuk Anda yang sangat menyukai kopi, mengunyah apel sekali sehari ternyata cukup membantu agar gigi tetap terlihat cerah. Kandungan serat tinggi pada apel, sumber asam alami, serta daging buah yang padat, membuat apel menjadi pembersih gigi alami saat Anda tak sempat untuk menggosok gigi.

Gunakan sedotan untuk minuman berwarna

“Untuk mencegah noda pada gigi atau menjaga warna gigi setelah proses pemutihan, gunakan sedotan saat meminum kopi, soda, dan teh untuk mengurangi kontak air dengan gigi. Ini sangat efektif untuk menjaga warna gigi dan membuatnya sehat lebih lama,” saran John C. Moon, cosmetic and general dentist di Half Moon Bay, CA.

Pilih lipstik dengan warna yang tepat
Warna lipstik ternyata memiliki andil dalam menampilkan warna gigi yang lebih putih dan cerah. Anda bisa meminta saran beauty advisor di gerai lipstik favorit untuk menunjukkan lipstik dengan warna dasar biru atau blue-based. “Lipstik dengan warna dasar biru bisa membuat gigi tampak lebih putih ketimbang lipstik dengan warna dasar kuning atau emas,” saran Jessica LIebeskind, makeup artis asal New York.

Cegah asam lambung naik
Naiknya asam lambung tak hanya menimbulkan efek tidak nyaman, namun naiknya asam lambung ke mulut juga bisa merusak gigi. Kandungan asam dari saluran pencernaan bisa mengikis enamel gigi layaknya soda atau minuman berenergi.

“Sehingga, bagi siapapun yang sering mengalami naiknya asam lambung, sebaiknya mengubah pola makan atau minta saran dokter agar kesehatan tubuh maupun gigi bisa tetap terjaga,” saran Edmond Hewlett, penasehat Asosiasi Dokter Gigi Amerika dan profesor diUniversity of California Los Angeles School of Dentistry.

Sumber: Kompas.com
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :


Loading...