INTERNASIONAL

[internasional][bleft]

NASIONAL

[nasional][bleft]

ACEH

[aceh][bleft]

TEKNOLOGI

[teknologi][threecolumns]

EKONOMI

[ekonomi][bleft]

SPORT

[sport][threecolumns]

2015: Timnas Indonesia Muda di Tangan Pelatih Aceh

2015: Timnas Indonesia Muda di Tangan Pelatih Aceh


KantoMaya News, BANDA ACEH
- Juru racik asal Aceh kembali mendapat kepercayaan untuk menangani Timnas Indonesia, kali ini kesempatan itu didapatkan oleh seorang pelatih asal Meureudu, Pidie Jaya. Namanya Yusmahdi Machmud, pria kelahiran 18 Agustus 1960 ini dipanggil untuk menangani timnas u-17 Indonesia.


Yusmahdi sebenarnya bukan nama baru di pentas sepak bola Aceh maupun Indonesia. Pelatih yang kini berusia 54 tahun ini sudah terbang melintang di pentas sepakola Indonesia sejak 1976. Awal karirnya, dimulai sebagai pesepakbola di klub PSAP Sigli, kemudian Persiraja Banda Aceh, hingga Persija Jakarta tahun 1984-1986.


Pak Yus, sapaan akrab Yusmahdi adalah suami dari Sumarni yang saat ini sudah dianugerahi tiga orang anak. Saat ditemui dalam sesi-sesi latihan bersama PPLPD Aceh kemarin (26/7) di Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya Banda Aceh, Yusmahdi menceritakan banyak hal tentang pengalamannya selama berkecimpung dalam urusan sepakbola.


Mengenai karir tim nasional, pelatih yang murah senyum ini juga memiliki jam terbang yang sudah tinggi pada masanya, tahun 1979-1981 dirinya sudah memperkuat timnas PSSI Binatama bersama pelatih tenar sekarang semisal Bambang Nurdiansyah, Mundari Karya, Ruli Nere dan Subangkit.


Sementara awal berseragam tim nasional, dimulai dari PSSI Yunior Cocacola Cup Jepang 1978, tidak sampai disitu saja, PSSI Selection juga pernah diperkuat oleh pelatih berlisensi B nasional ini.


Sementara itu, segudang prestasi juga sudah diraih oleh Yusmahdi, selama menjadi pelatih klub sepakola di tanah air. Dalam dua tahun terakhir saja, diceritakannya dirinya sudah menjuarai LPI dan Runner Up Clear bersama SMA 9 Banda Aceh tahun 2014.


Terakhir, prestasi yang patut diacungi jempol, adalah saat mengharumkan nama Aceh dengan mengantarkan PPLPD Aceh meraih juara dalam Kejurnas sepakbola antar PPLP se-Indonesia di Bangka Belitung akhir Mei lalu. Anak asuh Yusmahdi berhasil menumbangkan juara bertahan Jawa Tengah 1-0 di partai final.


Diakui Yusmahdi, menangani timnas adalah impian setiap pelatih sepakbola. "Tentu ini adalah sebuah kesempatan, secara target pasti kita ingin memberikan yang terbaik," jelas Yusmahdi. Meski begitu, secara khusus kepada Yusmahdi tidak diberikan target yang terlalu tinggi untuk membawa timnas u-17 juara pada turnamen sepakbola se Asia yang akan berlangsung di Tiongkok, China, September mendatang.


Awal Agustus, Yusmahdi akan bertolak ke Jakarta untuk berkumpul dan mempersiapkan tim guna menghadapi kejuaraan Asian School tersebut. Dikatakan Yusmahdi, dirinya hanya punya waktu satu bulan untuk mematangkan persiapan. Segudang pengalaman yang dimiliki oleh seorang Yusmahdi tentu akan menjadi nilai lebih untuk garuda muda Indonesia. Selamat!


Biodata
Nama : Yusmahdi Machmud
Nama panggilan : Pak Yus
Tempat Tanggal Lahir : Sigli, 18 Agustus 1960
Alamat : Meureudu, Pidie Jaya
Anak : 3 orang
Nama istri : Sumarni


Karir pemain
- Mantan pemain PSAP Sigli (1976-1977)
- Persiraja (1979-1983)
- Persija -Jakarta pusat (Divisi Utama) (1984-1986)
- Persija – Jakarta Selatan (1987-1988)
- Galakaraya Selection (Jakarta) (1989-2003)


Karier Tim Nasional :

PSSI Yunior Cocacola Cup Jepang (1978)
PSSI Binatama (1979-1981)
PSSI Selection (Jakarta) (1981-1982)


Karir pelatih
-2005 : PPLP Diklat NAD (Kompetisi Se-Indonesia)
- 2006 : PSAS Aceh Singkil (Div.III, POPDA dan PORA)
- 2007 : PS Simeulue(Divisi II Wil.Aceh)
- 2008 : PS Pidie Jaya (Soeratin Cup) Juara Aceh
- 2008 : PS Pidie Jaya (Divisi III Wil Aceh)
- 2009 : PS Nagan Raya (Divisi III Wil Aceh)
- 2009 : PS Nagan Raya (MEDCO) Juara II Sumatera
- 2009 : PSAB Aceh Besar Divisi I (Juara II Sumatera)
- 2010 : PS Simeulue Divisi III Wil.Aceh
-2011 : Pidie Jaya FC (Kompetisi Liga Aceh)
-2013 : Jeunieb Raya (Juara I Bupati Pidie Cup)
-2014 : SMA-9 Banda Aceh (Juara LPI dan Runeer Up Clear)
- 2015 : PPLPD Aceh (Juara I Se-Indonesia)

Laporan: ARIFUL AZMI USMAN
Sumber: Koran Harian Rakyat Aceh
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :


Loading...