INTERNASIONAL

[internasional][bleft]

NASIONAL

[nasional][bleft]

ACEH

[aceh][bleft]

TEKNOLOGI

[teknologi][threecolumns]

EKONOMI

[ekonomi][bleft]

SPORT

[sport][threecolumns]

Jika Zaini Abdullah Maju Lagi, Akademisi: Kecil Peluang Terpilih

Jika Zaini Abdullah Maju Lagi, Akademisi: Kecil Peluang Terpilih


LHOKSEUMAWE – Dosen Tata Negara Fakultas Hukum Unimal, Amrijal J. Prang, mengatakan rencana Gubernur Zaini Abdulah untuk maju kembali sebagai calon gubernur Aceh di pilkada 2017 adalah hal yang lumrah.

“Apalagi secara yuridis boleh mencalonkan kembali untuk satu periode lagi,” kata pengamat politik Aceh tersebut kepada portalsatu.com, Jumat 24 Juli 2015.

Namun, kata mantan anggota Tim Anti Korupsi Pemerintah Aceh (Takpa) ini, jika melihat real politik Aceh kekinian, meskipun rakyat pemilih cenderung melihat figur, tapi peran Parpol akan sangat berpengaruh. Kondisi ini dinilai berbeda dengan Pilkada 2006 lalu.

“Oleh karenanya, jika PA masih mencalonkan Zaini Abdullah, peluang untuk terpilih masih ada walau kecil. Sedangkan jika melalui calon independen, peluang lebih kecil lagi dibanding Parpol,” katanya.

Di sisi lain, kata Amrijal, kalau memag benar Doto Zaini akan mencalonkan diri kmbali. sementara Mualem sudah dicalonkan oleh PA, maka semkin terbuka perbedaan pandangan yang mngarah kekisruhan di internal PA.

“Fenomena ini seharusnya sudah bisa diselesaikan. Jika terus berlarut dikhwatirkan Parlok besar dan muda ini pada pilkada tahun 2017 mendatang, akan sulit bersaing,” katanya.

“Apalgi rakyat pemilh sekarang sudah terpolarisasi antara Parlok atau Parnas. Ditambah lagi, PA sebagai Parlok massa bukan partai kader, ketika tidak bisa membuktikan janji-janji politiknya, akan mudah ditinggalkan pemilihnya,” ujarnya lagi.

Untuk itu, Amrijal meminta agar ke depan PA masih menjadi harapan rakyat, maka segera melakukan konsolidasi dan transformasi pembangunan dan peningkatan perekonomian ke arah pro rakyat.

“Sebaliknya, jika kekisruhan internal tidak segera diselesaikan dan orientasi pembangunan tidak pro rakyat, maka pada pilkada 2017 mendatang peluang dari calon Parnas atau Parlok lainya akan terbuka lebar,” katanya.

Sumber : portalsatu.com

Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :


Loading...