INTERNASIONAL

[internasional][bleft]

NASIONAL

[nasional][bleft]

ACEH

[aceh][bleft]

TEKNOLOGI

[teknologi][threecolumns]

EKONOMI

[ekonomi][bleft]

SPORT

[sport][threecolumns]

Ini Smartphone Pertama di Dunia

Ini Smartphone Pertama di Dunia


Istilah "smartphone" baru mulai banyak diucapkan saat iPhone dirilis pada tahun 2007 lalu. Namun, tahukah kamu bahwa sebenarnya smartphone pertama itu sudah dirilis 15 tahun sebelumnya?

Seperti Nextren kutip dari Business Insider, Senin (15/6/2015), istilah smartphone sebenarnya sudah mulai banyak diucapkan pada tahun 1995. Akan tetapi, smartphone sebenarnya sudah memulai debutnya pada tahun 1992 melalui perangkat bernama Simon Personal Communicator buatan IBM.

Berbeda dari smartphone yang beredar belakangan ini, Simon memiliki tubuh yang sangat bongsor. Ia memiliki dimensi 200 x 64 x 38 mm dengan bobot 510 gram.

Sebagai pembanding, iPhone 6 hadir dengan dimensi 138,1 x 67 x 6,9 mm dengan bobot hanya 129 gram.


Ini Smartphone Pertama di Dunia


Dari segi fitur, Simon memiliki kemampuan jauh lebih maju dari zamannya. Memang perangkat tersebut masih belum memiliki kamera, layar berwarna, atau dukungan koneksi 4G.

Namun, ia sudah bisa digunakan untuk saling mengirim e-mail, faks, dan pesan dari perangkat pager. Teknologi itu sudah dianggap sangat canggih di masa itu.

Pengguna juga bisa menuliskan catatan di aplikasi Notes, menggambar melalui aplikasi Sketch, Kalender, Jam Dunia, dan bisa membuat jadwal pertemuan.

Perangkat ini memiliki layar sentuh LCD monochrome berukuran 4,5 inci x 1,4 inci. Untuk mengoperasikan layar tersebut, IBM melengkapinya dengan sebuah stylus.

Simon juga bisa menjalankan aplikasi dari pihak ketiga. Akan tetapi, terbatasnya kapasitas media penyimpanan, sekitar 1 MB, membuat pengguna harus menghapus beberapa aplikasi yang ada sebelum menginstalasi aplikasi dari pihak ketiga. Cukup repot memang.

Simon dijual dengan harga yang cukup tinggi, bahkan untuk ukuran sekarang. Perangkat ini memiliki banderol 899 dollar AS. Jika mengikuti perkembangan ekonomi saat ini, seharusnya Simon bisa saja dijual dengan harga 1.435 dollar AS atau sekitar Rp 19 juta.

Meski memiliki harga tinggi, IBM berhasil menjual Simon sebanyak 50.000 unit.

Sumber : Nextren.com
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :


Loading...