INTERNASIONAL

[internasional][bleft]

NASIONAL

[nasional][bleft]

ACEH

[aceh][bleft]

TEKNOLOGI

[teknologi][threecolumns]

EKONOMI

[ekonomi][bleft]

SPORT

[sport][threecolumns]

Facebook Bisa Kenali Orang Tanpa Lihat Wajah

Facebook Bisa Kenali Orang Tanpa Lihat Wajah

KantoMaya News - Jangan kaget jika suatu saat nanti Facebook bisa tahu siapa saja orang yang ada dalam album foto Anda. Ya, meskipun orang-orang dalam foto itu berusaha menjulurkan rambut sampai menutup wajah, atau mungkin menyensor wajah sendiri, jejaring sosial itu akan tetap bisa mengenali nama mereka.

Facebook tampaknya tak puas dengan auto-tag yang saat ini sudah bisa mengenali wajah pengguna. Mereka pun mengembangkan teknologi facial recognition baru yang lebih canggih.

Fungsinya lebih sekadar membaca wajah. Teknologi baru ini juga dapat melihat potongan rambut, bentuk tubuh, pakaian, dan bahkan pose seseorang dalam foto yang diunggah ke album. Dengan demikian, kemampuan identifikasi pun lebih akurat.

Seperti dirangkum KompasTekno dari Newscientis, Rabu (24/6/2015), laboratorium kecerdasan buatan milik Facebook sempat menguji teknologi ini pada 40.000 foto berisi wajah yang terlihat jelas dan wajah yang tak terlihat. Hasilnya, mereka bisa mengenali identitas orang di foto-foto itu dengan tingkat akurasi 83 persen.

Pada satu sisi, teknologi seperti ini memberikan keuntungan bagi Facebook, misalnya dengan memberikan meningkatkan akurasi auto-tag pada aplikasi Momments yang baru diluncurkannya.

Namun, di sisi lain, facial recognition rentan melanggar privasi banyak orang. Tidak semua orang ingin dirinya bisa dikenali dengan mudah hanya dari foto atau tag yang muncul di jejaring sosial.

"Bayangkan, bahkan ketika Anda sudah berusaha menyembunyikan wajah, tetap saja identitas Anda bisa diketahui dengan mudah. Hal seperti ini tentu membuat orang khawatir. Saya rasa sekarang sudah waktunya kita mendiskusikan topik ini," komentar Ralph Gross dari Carnegie Mellon University di Pennsylvania, AS.

Sumber : Kompas.com
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :


Loading...