INTERNASIONAL

[internasional][bleft]

NASIONAL

[nasional][bleft]

ACEH

[aceh][bleft]

TEKNOLOGI

[teknologi][threecolumns]

EKONOMI

[ekonomi][bleft]

SPORT

[sport][threecolumns]

Aceh Utara Tertinggi Penderita HIV di Aceh

Aceh Utara Tertinggi Penderita HIV di Aceh


KantoMaya News, LHOKSEUMAWE- Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Aceh Utara, Ismed Nur AJ Hasan mengatakan setiap dilakukan kegiatan donor darah pihaknya selalu menemukan pendonor yang terjangkit virus HIV/Aids.

“Setelah darah para pendonor diperiksa, kita selalu menemukan adanya pendonor yang menderita HIV/Aids, maka darah yang terjangkit virus berbahaya itu langsung dimusnahkan dan pendonornya dilakukan bloking,” ujar Ismed, kepada portalsatu.com, Selasa 16 Juni 2015.

Ismed menambahkan, apabila ditemukan pendonor yang terinfeksi HIV/Aids, maka pihaknya selalu melaporkan penemukan tersebut ke Komisi Penaganggulan Aids Indonesia, kemudian baru dikirimkan laporan ke daerah.

“Jumlah penderita HIV/Aids paling tinggi di Aceh adalah kasusnya di Kabupaten Aceh Utara, namun kita tidak bisa menyebutkan berapa jumlah kasusnya karena sudah ada pihak terkait yang menangani masalah tersebut dan mereka yang bisa merincikannya,” kata Ismed.

Selain penderita HIV/Aid, PMI Cabang Aceh Utara juga menemukan berbagai penyakit lainnya dari pendonor, seperti penyakit menular seksual Sifilis, Hepatitis dan beberapa penyakit lainnya.

Sesuai mekanisme, setiap darah yang telah diambil terlebih dahulu dilakukan pengujian. Hasilnya diketahui darah yang berasal dari setiap pendonor tersebut telah terinfeksi virus berbahaya.

Setelah diketahui adanya virus berbahaya, maka PMI Cabang Aceh Utara langsung memusnahkan darah tersebut dan pendonor tidak lagi diizinkan untuk melakukan donor darah di setiap daerah.

“Darah yang sudah didonor itu harus benar-benar streril, kemudian baru bisa digunakan, karena ini menyangkut dengan keselamatan orang lain. Apabila tidak diperiksa dengan baik, maka bisa berakit fatal,” kata Ismed.

Ismed berpesan, virus HIV/Aids bisa dicegah dengan menjauhi hal-hal yang bisa beresiko terjangkitnya virus yang mematikan tersebut. Maka bagi yang berisko terhadap virus tersebut segera periksakan dirinya.

Sumber : portalsatu.com
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :


Loading...