INTERNASIONAL

[internasional][bleft]

NASIONAL

[nasional][bleft]

ACEH

[aceh][bleft]

TEKNOLOGI

[teknologi][threecolumns]

EKONOMI

[ekonomi][bleft]

SPORT

[sport][threecolumns]

Tips Membuat Kaldu Super Gurih dan Lezat

Tips Membuat Kaldu Super Gurih dan Lezat

Jakarta, KantoMaya News -- Menyantap makanan berkuah memang paling enak yang punya rasa kaldu kuat dan enak. Sayangnya, tak semua orang tahu bagaimana cara membuat kaldu yang enak. 

Jalan pintas yang sering diambil adalah dengan menggunakan kaldu bubuk instan yang tersedia di pasaran. Cara ini memang lebih murah dan praktis. Namun lama-lama, penggunaan kaldu bubuk yang mengandung Monosodium Glutamat (MSG) ini akan berbahaya untuk tubuh. 

"Untuk menghasilkan kaldu paling enak ya pakai kaldu asli rebusan daging," kata Gusti Ngurah Retjak, mantan chef di Kedutaan Besar Amerika di acara Chef Rendezvous di kawasan Bekasi, Jawa Barat. 

Untuk menghasilkan kaldu yang lezat, Rentjak berbagai tipsnya.  "Pertama, rebus air sampai mendidih, kemudian masukkan daging sapi atau ayam," katanya. 

Setelah dimasak beberapa waktu, air rebusan pertama ini harus dibuang. Pada rebusan pertama, akan terlihat gumpalan-gumpalan busa di bagian atas. Busa ini adalah kotoran dari dalam daging, sehingga harus dibuang. 

Setelahnya, lakukan perebusan daging yang kedua. "Rebus dengan air es, jangan air biasa," ucapnya. 

Merebus daging dengan air es ini bertujuan untuk mengeluarkan semua kaldu dari dalam dagingnya. 

"Kalau direbus lagi dengan air biasa atau panas, pori-pori daging justru menutup. Jadi kaldu tidak keluar semua. Kalau diawali dengan air dingin, dagingnya akan terbuka dan kaldunya akan keluar semua," katanya. 


Sumber : CNN Indonesia
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :


Loading...