INTERNASIONAL

[internasional][bleft]

NASIONAL

[nasional][bleft]

ACEH

[aceh][bleft]

TEKNOLOGI

[teknologi][threecolumns]

EKONOMI

[ekonomi][bleft]

SPORT

[sport][threecolumns]

Riset: Kesepian Bikin Orang Cepat Meninggal

Menurut penelitian baru-baru ini, hidup menyendiri dan merasa kesepian meningkatkan peluang kematian dini sekitar 30 persen.
KantoMaya News - Batman punya Robin, Han Solo punya Chewbacca, Christopher Robin punya Pooh. Ya, memiliki sahabat tak hanya membuat hidup seperti dunia petualangan, namun bisa membantu Anda hidup lebih lama.

Menurut penelitian baru-baru ini, hidup menyendiri dan merasa kesepian meningkatkan peluang kematian dini sekitar 30 persen.

Julianne Holt-Lunstad, dari Brigham Young University, yang mengulas penelitian, mengatakan kepada CNN bahwa merasa sendiri dan sendirian, keduanya harus dianggap sebagai hal serius.
"Data penelitian menunjukkan umur panjang akan dirasakan jika Anda terhubung secara sosial dengan baik," katanya.

"Tapi kita juga harus mempertimbangkan saat-saat seseorang yang mungkin dikelilingi oleh orang lain namun masih merasa kesepian."

Faktor lain yang diperhitungkan adalah usia dan penyakit. Usia rata-rata peserta penelitian adalah 66 tahun, yang menunjukkan perlunya penelitian lebih lanjut di kelompok usia yang lebih muda.
Temuan ini diterbitkan jurnal Perspectives in Psychological Science edisi Maret.
Penelitian ini menunjukkan betapa besarnya manfaat persahabatan dan hubungan sosial sesama manusia.

Kelompok peneliti di Mayo Clinic menyarankan, meskipun persahabatan memiliki tantangan tersendiri tetapi punya manfaat yang berdampak besar bagi kehidupan.

Dalam studi 2013 terhadap lebih dari 3.000 pasien kanker payudara, para peneliti menemukan bahwa perempuan yang terisolasi secara sosial memiliki gejala kanker payudara yang lebih tinggi dan perasaan rendah diri berlebih.

Penelitian itu memiliki kesimpulan yang sama: memiliki teman dan menjalin hubungan sosial yang kuat akan membantu Anda hidup lebih lama dan lebih baik.
Untuk menghindari orang merasa sendiri dan kesepian, beberapa negara seperti Hong Kong, Tokyo, dan Finlandia, melakukan berbagai upaya yang unik.

Salah satunya, jika Anda mau makan di restoran sendirian, Anda bisa minta ditemani boneka binatang yang imut, tertarik?

Sumber : Dream.co.id
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :


Loading...