INTERNASIONAL

[internasional][bleft]

NASIONAL

[nasional][bleft]

ACEH

[aceh][bleft]

TEKNOLOGI

[teknologi][threecolumns]

EKONOMI

[ekonomi][bleft]

SPORT

[sport][threecolumns]

Windows 10 untuk Ponsel Sudah Bisa Dicoba Gratis

teknologi, os, aplikasi, windows

KantoMaya News - Setelah lama dinanti, Microsoft akhirnya menjawab rasa penasaran bagi peminat yang ingin merasakan langsung Windows 10 di perangkat smartphone. Perusahaan raksasa software tersebut baru saja merilis versi technical preview dari OS terbaru mereka ini.

Versi preview dari Windows 10 untuk smartphone ini disediakan oleh Microsoft secara gratis. Akan tetapi, tidak semua orang bisa mendapatkannya.

Ada beberapa syarat yang diajukan oleh Microsoft untuk mendapatkan Windows 10 versi ini. Pertama, peminat harus mendaftarkan diri ke Windows Insider Program. Jika tertarik untuk masuk ke program tersebut, silahkan kunjungi tautan berikut ini.

Kemudian, peminat tinggal mendaftarkan produknya untuk mendapatkan OS secara over-the-air (OTA). Setelah menginstalasi Windows 10, peminat diminta untuk memberikan komentarnya.

Sebelum Anda mencoba langsung Windows 10 untuk smartphone ini, ada beberapa catatan yang harus diperhatikan. Seperti KompasTekno kutip dari BGR, Jumat (13/2/2015), Windows 10 tersebut masih di tahapan paling awal. 

Artinya, pengguna dipastikan akan menemukan banyak bug. OS ini pun belum berjalan dengan stabil.

Perangkat yang bisa menjalankan OS tersebut juga masih sangat terbatas. Microsoft menyatakan, smartphone yang sudah didukung adalah Lumia 630, Lumia 635, Lumia 636, Lumia 730, dan Lumia 830.

Akan tetapi, jika Anda memiliki perangkat yang sudah mendukung dan tergabung ke program Microsoft, tidak ada salahnya mencoba OS terbaru ini. Toh, jika tidak puas dengan sistem operasi ini, Microsoft sudah menyiapkan sebuah fitur yang mengizinkan penggunanya untuk kembali ke Windows versi sebelumnya.

Fitur yang tersedia

Bersamaan dengan dirilisnya Windows 10 versi technical preview ini, Microsoft juga mengungkapkan beberapa fitur andalan yang akan diusungnya.

Salah satunya, sistem operasi baru ini sudah bisa menampilkan wallpaper secara menyeluruh di bagian background atau belakang kotak aplikasi. Sekadar informasi, pada Windows 8.1, wallpaper ditampilkan "mengisi" kotak aplikasi, bukan di bagian belakang kotak tersebut.

Selain itu, Microsoft menyatakan bahwa kemampuan speech-to-text dapat bekerja lebih baik. Fitur ini dikatakan mampu mengenali suara lebih baik dan dapat membedakan kata-kata yang sangat mirip. 

Sebagai contoh, fitur ini bisa membedakan kata "two" dan juga "too", yang memang terdengar sangat mirip ketika diucapkan.

Microsoft juga mengklaim, aplikasi Foto yang ada di Windows 10 akan lebih baik dari OS versi sebelumnya. Foto yang ditampilkan nantinya merupakan gabungan antara foto yang ada di media penyimpanan lokal smartphone, ditambah dengan foto yang ada di layanancloud OneDrive.

Sumber : kompas.com
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :


Loading...