INTERNASIONAL

[internasional][bleft]

NASIONAL

[nasional][bleft]

ACEH

[aceh][bleft]

TEKNOLOGI

[teknologi][threecolumns]

EKONOMI

[ekonomi][bleft]

SPORT

[sport][threecolumns]

VIDEO : MASJID TUHA INDRAPURI


KantoMaya News, Aceh Besar -- Aceh adalah salah satu provinsi yang menerapkan syariah Islam dan nilai-nilai islam bisa dirasakan dalam kehidupan masyrakat Aceh. Penduduk masyarakat Aceh mayoritas adalah Islam dan tidak heran jika tempat wisata religi banyak ditemukan di Aceh. Salah satunya yaitu masjid Indrapuri. Masjid indrapuri adalah senuah bangunan tua yang berada di Indrapuri, Aceh Besar.

Awalnya, masjid tersebut adalah sebuah candi pada masa kerajaan hindu lamuri pada abad ke-12 masehi dan juga merupakan tempat dimana pemujaan sebelum agama Islam masuk ke Aceh. Pada suatu saat, kerajaaan Hindu Lamuri berperang dengan pasukan laut yang datang dari Cina, kemudian pada akhirnya perang dimenangkan oleh kerajaan lamuri atas bantuan meurah Johan yaotu pangeran eari lingga (Gayo). 

Selanjutnya kerajaan lamuri dijadikan sebagai penganut Islam dan tempat tersebut yang awalnya adalah kuil diubah menjadi sebuah masjid yang hingga sekarang masih berdiri kokoh. Masjid Indrapuri tersebut berdiri diatas tanah dengan luas 33.875 meter persegi yang terletak dengan ketinggian 4,8 meter di atas permukaan laut dan berada sekitar 150 meter dari tepi sugai krueng Aceh. Kemudian jumlah tiang pada masjid indrapuri ini adalah 36 tiang dan dihalaman masjid juga memiliki 2 buah kolam.4.

Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :


Loading...