INTERNASIONAL

[internasional][bleft]

NASIONAL

[nasional][bleft]

ACEH

[aceh][bleft]

TEKNOLOGI

[teknologi][threecolumns]

EKONOMI

[ekonomi][bleft]

SPORT

[sport][threecolumns]

Ada Intel Dalam Smartphone Google Pixel 2

KantoMaya News - Selain System-on-Chip utama Snapdragon 835, smartphone Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL dibekali prosesor (co-processor) tambahan bernama Pixel Visual Core untuk mengakselerasi efek HDR+ saat mengambil foto.

Dengan Pixel Visual Core, kedua ponsel bisa meningkatkan kecepatan olah HDR+ sekaligus menghemat baterai dibanding jika tugas tersebut dibebankan ke prosesor utama.

Belakangan terungkap bahwa ada andil Intel di balik Pixel Visual Core yang merupakan chip pertama bikinan Google. Raksasa chip bermoto "Intel Inside" itu membantu Google dalam pengembangan Pixel Visual Core.

Hal ini pertama kali diketahui setelah situs iFixit membongkar Pixel 2 XL untuk melihat jeroannya. Ditemukan bahwa chip Pixel Visual Core di perut smartphone yang bersangkutan ternyata memiliki kode serial yang dimulai dengan "SR3", seperti yang umum ditemukan di chip buatan Intel.

Belakangan, sebagaimana dirangkum oleh KompasTekno, Kamis (26/10/2017), seorang juru bicara Intel mengakui keterlibatan pihaknya dalam pengembangan chip melalui e-mail ke CNBC.

Menurut sang juru bicara, Google memilih bekerja sama dengan Intel untuk mengembangkan chip baru lantaran merasa tak ada chip yang benar-benar bisa memenuhi kebutuhan Google untuk Pixel 2 dan Pixel 2 XL.

Pixel Visual Core sendiri saat ini masih non-aktif di dalam Pixel 2 dan Pixel 2 XL. Chip pengolah foto ini baru akan diaktifkan saat kedua ponsel menerima update Android 8.1 dari Google.

Ironisnya, Intel sendiri tahun lalu memutuskan keluar dari bisnis chip smartphone dan tablet, meski beberapa perangkat mobile saat ini masih menggunakan chip atau modem Intel.

Selain soal chip custom-made, Google juga bekerja sama dengan Intel dalam pengembangan teknologi AI untuk mobil swa-kemudi. Waymo, perusahaan spin-off Google yang sama-sama bernaung di bawah Alphabet, diketahui memakai chip Intel sejak bertahun-tahun lalu.

KOMPAS.com
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :


Loading...