INTERNASIONAL

[internasional][bleft]

NASIONAL

[nasional][bleft]

ACEH

[aceh][bleft]

TEKNOLOGI

[teknologi][threecolumns]

EKONOMI

[ekonomi][bleft]

SPORT

[sport][threecolumns]

Geliat Belanja Milan: Kalahkan Chelsea-nya Abramovich dan City-nya Sheikh Mansour

KantoMaya News, Jakarta - AC Milan membuat sejarah di musim panas ini dengan belanja mahalnya. Rossoneri melewati belanja mahal saat Roman Abramovic dan Sheik Mansour mengakuisisi Chelsea dan Man City.

Milanisti di seluruh dunia bisa tersenyum lebar di musim panas ini. Klub yang baru diambil alih oleh sebuah konsorsium asal China itu melakukan belanja luar biasa dengan total sudah mendatangkan sembilan pemain baru. Nama lain masih mungkin akan terus datang karena Milan dikabarkan masih mengincar nama-nama lain.

Total belanja Milan di musim panas ini sudah melebihi 200 juta euro, atau jika dikonversi ke mata uang kita sudah mencapai angka Rp 3,068 triliun.

Marca menyebut kalau pembelian yang dilakukan Milan bersama bos barunya yang bernama Li Yonghong telah mengalahkan jumlah belanja Chelsea saat mereka baru dibeli Roman Abramovic.

Bukan itu saja, Milan juga mengalahkan uang besar yang digelontorkan Sheikh Mansour ketika mulai membangun Manchester City dengan skuat penuh bintang. Diavolo Rosso juga mengungguli jumlah uang yang digelontorkan Nasser Al-Khelaifi di musim pertamanya di Paris Saint Germain.

Berapa belanja Milan jika dibandingkan Chelsea, Manchester City, AS Monaco, PSG, dan klub-klub kaya lainnya di musim pertama mereka diakuisisi?

Melalui sebuah konsorsium, Li Yonghong resmi mengakuisisi AC Milan pada pertengahan April 2017 lalu. Meski awalnya diragukan, Li Yonghong menunjukkan kalau dia punya ambisi besar untuk mengangkat kembali pamor Rossoneri sebagai klub papan atas Italia dan Eropa.

Sejauh ini Milan sudah membelanjakan 209,5 juta euro, atau sekitar Rp 3,213 triliun. Angka tersebut diyakini masih akan bertambah, karena Milan masih membidik beberapa nama besar seperti Alvaro Morata dan Pierre Emerick Aubameyang.

3 Pembelian Terbesar Milan (2017/2018):

1. Leonardo Bonucci 42 juta euro
2. Andre Silva 38 juta euro
3. Franck Kessie 28 juta euro

Pada Juni 2003, Roman Abramovic mengambil alih kendali Chelsea. Miliarder asal Rusia itu lantas membuat kejutan dengan melakukan belanja besar-besaran. Di musim pertamanya jadi bos di Stamford Bridge, taipan minyak itu menghabiskan 167,5 juta euro.

Abramovic bukan cuma royal di musim pertama dia berkuasa. Hingga beberapa tahun berselang dia masih rajin menghadiahi suporter The Blues dengan pembelian-pembelian mahal dan melibatkan nama besar.

Beberapa pemain yang dibeli mahal gagal memberikan kontribusi sepadan, sementara yang lain sukses jadi bintang. Di bawah Abramovic, Chelsea meraih trofi Premier League pertamanya dalam 50 tahun dan kini jadi langganan papan atas Liga Inggris.

3 Pembelian Terbesar Chelsea (2003/2004)

1. Damien Duff 24,5 juta euro
2. Hernan Crespo 24,2 juta euro
3. Juan Veron 21,5 juta euro

Dmitri Rybolovlev membeli 66 persen saham Monaco pada Desember 2011 lalu. Meski jadi salah satu tim papan atas di Prancis, Monaco sedang dalam kondisi buruk ketika Dmitri Rybolovlev datang. Mereka malah sedang berkutat di Ligue 2.

Monaco langsung Promosi saat pengusaha asal Rusia itu datang. Dan semusim berselang Rybolovlev mulai membangun kembali kejayaan klub tersebut dengan melakukan belanja besar.

Pada musim panas 2013/2014, James Rodriguez diboyong, pun begitu Radamel Falcao, Joao Moutinho, hingga Anthony Martial. Total belanja Monaco di musim panas tersebut mencapai 160,7 juta euro

3 Pembelian Terbesar Monaco (2013/2014)

1. James Rodriguez 45 juta euro
2. Radamel Falcao 43 juta euro
3. Joao Moutinho 25 juta euro

Sebelum AC Milan, Inter Milan lebih dulu dikuasai oleh orang China. Yang membeli mayoritas saham Nerazzurri adalah Suning Group, yang dipimpin oleh Zhang Jindong.

Pada bursa transfer musim panas pertamanya bersama Inter, Suning Group total menghabiskan 157,8 juta euro. Inter mendatangkan beberapa pemain besar dengan harga cukup tinggi ketika itu.

Namun upaya membangun Inter tidak berjalan mulus. Tiga pergantian pelatih di musim lalu menggambarkan ketidakstabilan performa klub tersebut.

3 Pembelian Terbesar Inter Milan (2016/2017)

1. Joao Mario 40 juta euro
2. Gabigol 29,5 juta euro
3. Candreva 22 juta euro

Setelah Abramovic dengan Chelsea, proses pembelian Manchester City oleh miliarder asal Uni Emirat Arab kembali membuat Ptremier League heboh.

Punya ambisi besar menyaingi Manchester United dan bertarung dalam persaingan papan atas Liga Inggris, City langsung belanja banyak. Mansour bin Zayed Al-Nahyan menghabiskan 157,3 juta euro di musim pertamanya di Etihad Stadium.

Mereka malah langsung membuat rekor saat membeli Robinho dengan banderol 43 juta euro.

3 Pembelian Terbesar Manchester City (2008/2009)

1. Robinho 43 juta euro
2. Jo 24 juta euro
3. Nigel de Jong 18 juta euro

Menjadi salah satu orang paling kaya di Singapura, Peter Lim membeli 82,3 persen saham Valencia pada Agustus 2014.

Pada musim panas selanjutnya, pengusaha di bidang kelapa sawit hingga pengobatan itu mulai memodali El Che untuk aktif di bursa transfer. Malang buat Valencia, beberapa pembelian mahal yang dilakukan tak berjalan sesuai harapan.

Meski menghabiskan uang hingga 143,7 juta euro pada musim panas 2015/2016, Valencia cuma bisa menuntaskan La Liga posisi 12.

3 Pembelian Termahal Valencia (2015/2016)

1. Rodrigo 30 juta euro
2. Alvaro Negredo 28 juta euro
3. A.Abdennour 22 juta euro

Melalui salah satu perusahaan yang dimilikinya, Oryx Qatar Sports Investments, Nasser Al-Khelaifi mengambil alih kepemilikan PSG pada tahun 2011. Dia ketika itu langsung memperkenalkan misi lima tahun untuk membangun PSG.

Tapi tak perlu menunggu lama buat fans PSG untuk melihat perubahan di tim kebanggaannya, Nasser Al-Khelaifi menyediakan uang belanja dengan jumlah sangat besar untuk PSG. Pada musim panas di tahun yang sama dia membeli PSG, klub tersebut menghabiskan uang 107,1 juta euro untuk membangun skuat.

Beberapa nama yang diangkut ke Paris di bursa transfer musim panas saat itu di antaranya adalah Thiago Motta, Alex, Maxwell, Javier Pastore, Mohamed Sissoko, Jeremy Menez, dan Salvatore Sirigu.

3 Pembelian Termahal PSG (2011/2012)

1. Javier Pastore 42 juta euro
2. Thiago Motta 11,5 juta euro
3. Kevin Gameiro 11 juta euro

Detik.com
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :


Loading...