INTERNASIONAL

[internasional][bleft]

NASIONAL

[nasional][bleft]

ACEH

[aceh][bleft]

TEKNOLOGI

[teknologi][threecolumns]

EKONOMI

[ekonomi][bleft]

SPORT

[sport][threecolumns]

Jangan Merokok Saat Naik Motor, Pengguna Jalan Bukan Anda Sendiri

Jangan Merokok Saat Naik Motor, Pengguna Jalan Bukan Anda Sendiri
KantoMaya News, Jakarta - Baru-baru ini ada kasus seorang pemotor yang terkena bara api rokok pemotor lainnya. Ya, merokok saat naik motor merupakan tindakan berbahaya.

Dalam halaman Facebook-nya Rendhy Maulana bercerita bahwa mata sebelah kanannya mengalami iritasi parah hingga kesulitan melihat akibat kena bara rokok yang tertiup angin di jalan.

"Terimakasih buat pengendara motor yg hobi ngerokok sambil bawa motor. bara api rokok lo bikin orang bahaya," tulis Rendhy menyindir dalam sebuah postingan.

Jusri Pulubuhu, Instruktur dan Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) mengatakan, merokok sambil naik motor itu membahayakan diri sendiri maupun orang lain. Terlebih, pengguna jalan itu bukan Anda sendiri, melainkan banyak orang lain di sekitar.

"Dari sisi security, merokok (saat naik motor) itu enggak bagus. Dari sisi keamanan buat orang lain enggak bagus, buat dia juga enggak bagus. Karena percikan abu rokok itu bisa masuk ke mata," ucap Jusri kepada detikOto, Selasa (16/5/2017).

Jusri melanjutkan, merokok saat naik motor memperbesar risiko pada orang lain di sekitarnya. Dia menegaskan, ketika naik motor itu harus bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan pada lingkungan sekitar.

"Pengemudi atau siapa saja pengguna jalan, ketika membuang sesuatu harus memperhatikan sekelilingnya. Karena jalan itu bukan punya nenek moyang, ada orang banyak di sisi kiri-kanan jalan. Yang sering itu meludah sembarangan. Itu juga diminta harus perhatiin. Jangan sampai kena orang, akhirnya timbul insiden," kata Jusri.

"Ada yang harus diperhatikan dan ditaati yaitu perilaku ketika berada di sarana umum. Mereka harus terjadi empati jangan sampai membahayakan orang lain," ucapnya.

Detik.com
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :


Loading...