INTERNASIONAL

[internasional][bleft]

NASIONAL

[nasional][bleft]

ACEH

[aceh][bleft]

TEKNOLOGI

[teknologi][threecolumns]

EKONOMI

[ekonomi][bleft]

SPORT

[sport][threecolumns]

88 Batu Ginjal Keluar dari Perut Pria Ini

88 Batu Ginjal Keluar dari Perut Pria Ini
KantoMaya News, Jakarta -- Seorang warga Turki dilarikan ke rumah sakit karena mengeluh sakit perut luar biasa. Setelah dioperasi, pria tersebut ternyata memiliki 88 batu ginjal yang akhirnya diangkat.

Melansir Foxnews, Selasa (2/8/2016), Haydar Eskicioglu yang berusia 65 tahun itu mengaku, 15 tahun lalu, dia pernah memiliki riwayat batu ginjal. Namun menurut dokter setempat, dia telah dinyatakan sembuh. Sejak itu, dia tidak pernah mengalami keluhan apapun.

Hingga belum lama ini dia kembali merasa sakit perut dan langsung dibawa ke sebuah rumah sakit di Turki. Menurut ahli bedah dan spesialis urologi, Huseyin Korucu, ada batu ginjal sepanjang 15 sentimeter di perutnya.

"Batu ginjal sepanjang 15 sentimeter (6 inci) hampir menutupi seluruh ginjal kanan," kata Korucu. Batu ginjal ini telah menutupi semua celah di ginjal dan bahkan meningkatkan ukuran ginjal.

Korucu dan tim bedah lainnya kemudian mengangkat semua sisa zat-zat limbah di dalam darah yang menjadi kristal tersebut melalui sayatan selebar satu sentimeter (0,39 inci).

Kondisi Eskicioglu pun kian membaik. Dan dia telah bisa mengeluarkan urine. "Saya sangat terkejut, tapi saya senang bisa sehat kembali," katanya.

Endapan batu di dalam ginjal biasanya disebabkan oleh makanan atau masalah kesehatan lain. Cara mencegah batu ginjal sebenarnya cukup sederhana, Anda hanya perlu minum cukup air putih tiap hari dan membatasi konsumsi makanan, minuman, atau suplemen yang mengandung zat-zat yang berpotensi menyebabkan terbentuknya batu ginjal, seperti oksalat, kalsium, dan protein.

Liputan6.com

Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :


Loading...