INTERNASIONAL

[internasional][bleft]

NASIONAL

[nasional][bleft]

ACEH

[aceh][bleft]

TEKNOLOGI

[teknologi][threecolumns]

EKONOMI

[ekonomi][bleft]

SPORT

[sport][threecolumns]

5 Makanan Penangkal Depresi

5 Makanan Penangkal Depresi
KantoMaya News, JAKARTA -- Depresi dan rasa cemas dapat disebabkan oleh banyak hal mulai dari genetika hingga gaya hidup. Kendati tidak selalu dapat disembuhkan, depresi dapat dilawan dengan melakukan perubahan-perubahan kecil dalam hidup. Salah satunya dengan mengkonsumsi makanan yang baik untuk tubuh dan pikiran.

1. Coklat hitam

Coklat hitam mengandung antioksidan yang mampu meningkatkan endorfin dan serotonin. Kedua zat ini berfungsi untuk menghilangkan stres dan meningkatkan perasaan senang.

2. Buah berry

Berbagai jenis buah berry sangat baik untuk dikonsumsi. Selain lezat, buah ini kaya antioksidan dan vitamin. Buah ini juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah kanker. Buah ini juga memiliki peranan yang besar melawan depresi.

3. Kenari

Seperti kebanyakan kacang, kenari merupakan sumber protein yang sangat baik, kaya serat, antioksidan, vitamin dan mineral. Yang membuat kenari menonjol dibanding kacang lainnya karena mengandung asam lemak omega-3. Bahkan, kenari adalah salah satu sumber nabati terkaya yang dapat meringankan depresi serta mendukung kesehatan otak secara keseluruhan.

4. Alpukat
Alpukat adalah makanan super karena mengandung tryptophan, asam folat dan omega-3. Ketiga zat tersebut sangat baik untuk kesehatan otak. Namun karena tinggi lemak, disarankan agar alpukat tidak dikonsumsi secara berlebihan.

5. Jamur

Jamur sangat baik untuk kesehatan mental. Selain itu, jamur juga dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Jamur dapat menghasilkan bakteri baik untuk usus yang sehat. Di dalam usus yang sehat ini pula 80 sampai 90 persen serotonin diproduksi. Serotonin dapat membantu melawan depresi.

www.republika.co.id
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :


Loading...